Sunday, January 12, 2014

Hal Penting yang Perlu di Perhatikan Bagi Pendonor Darah

Info Kesehatan - Sebelum melakukan kegiatan mulia tersebut, ketahui beberapa hal utama sebelum dan sesudah melakukan donor darah seperti dilansir dari healthmeup.com.

Kunjungi tempat donor darah yang terpercaya
Ada begitu banyak bank darah yang muncul belakangan ini. Jika Anda ingin mendonorkan darah, lebih baik kunjungilah tempat bank darah yang terpercaya. Bank darah yang terpercaya selain jelas, juga memberikan Anda rasa aman terhadap alat-alat medis yang digunakan.

Jangan lupa makan sebelum melakukan donor darah
Jangan biarkan perut Anda kosong sebelum melakukan donor darah. Lebih baik Anda juga mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sehingga Anda terhindar dari pusing atau lemah setelah melakukan donor darah

Lakukan check-up sebelum donor darah
Check-up atau pemeriksaan kesehatan perlu Anda lakukan sebelum donor darah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui tekanan darah Anda, tingkat hemoglobin, hingga riwayat medis tentang Anda.

Makan setelah melakukan donor darah
Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang serta agar terhindar dari rasa pusing setelah melakukan donor darah, jangan lupa untuk makan dan minum banyak air putih. Jauhi pula kafein dan alkohol.

Jangan melakukan aktivitas berat setelah donor darah
Walaupun Anda tidak merasa lemah, jangan paksakan diri Anda untuk melakukan aktivitas yang berat setelah donor darah. Berikanlah waktu tubuh Anda untuk beristirahat sehingga sel-sel darah dapat memproduksi darah dengan baik.

No comments:

Post a Comment