Sunday, January 12, 2014

Manfaat Berjalan Kaki

Info Kesehatan - Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Leicester University mengungkap bahwa Manfaat Berjalan 4.000 langkah setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung atau stroke hingga 16 - 20 persen. Empat ribu langkah sehari sama dengan berjalan selama 40 menit sehari.

Dr Thomas Yates, ketua peneliti dari Diabetes Reseacrh bahkan menyamakan bentuk olahraga tersebut dengan mengonsumsi statin. Yates bahkan menjelaskan bahwa efek berjalan lebih besar dari obat statin. Berjalan 4.000 langkah sehari juga bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, seperti dilansir oleh Daily Mail (20/12).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 9306 orang dewasa di 40 negara yang memiliki masalah toleransi gula (IGT) yang bisa menyebabkan diabetes atau penyakit jantung.
Menggunakan pedometer, mereka menghitung langkah dalam aktivitas berjalan mereka selama satu tahun.

Peneliti menemukan bahwa orang yang lebih banyak berjalan memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih kecil. Peneliti juga menemukan bahwa setiap tambahan 2.000 langkah sehari yang setara dengan 20 menit berjalan bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke hingga enam sampai delapan persen.

Peneliti bahkan telah menghitung faktor risiko lain seperti kebiasaan merokok, gaya hidup, berat badan, dan lainnya. Jika 2.000 atau 4.000 langkah tampak terlalu sulit, Anda bisa berjalan singkat beberapa kali. Misalkan seperti berjalan untuk makan siang di tempat kerja, atau berbelanja di toko dekat rumah, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment